Apa itu Standar Emisi Euro?

Posted: March 26, 2013 in automotive, science, Uncategorized
Tags: , , ,

Mungkin kita sering melihat stiker “EURO” di bodi bus, mobil, truk atau kendaraan lain. Dan kebanyakan bagi kita banyak yang kurang mengerti apa sih arti dari kata Euro?
Oke, di posting ini saya akan menjelaskan kepada anda pengertian dari kata “Euro”.
Euro adalah standar emisi Eropa yang digunakan untuk industri Otomotif yang sudah ditetepkan sebagai standar emisi Internasional.
Di era GLOBAL WARMING ini banyak perusahaan/industri otomotif yang berlomba-lomba memproduksi mesin dengan emisi gas buang yang ramah, tentunya tidak luput dengan standar Emisi Euro.
Ada dua macam standar yang dikeluarkan oleh beberapa badan managemen lingkungan: EPA (Environmental Protecton Agency) Standard dan ESC (european steady cycle) atau biasa disebut Euro.
Di Amerika memiliki standar EPA, standar ini biasa dilaksanakan di industry,  Standar euro lebih banyak dipakai di perusahaan otomotif dengan beberapa tingkatannya, seperti Euro 1, Euro 2 dan seterusnya.
Standar euro mulai diterapkan tahun 1993 dengan beberapa ketentuan dan berdasarkan klasifikasi kendaraan.

Selama ini kita hanya mengukur suatu kendaraan berpolusi atau tidak  dengan mengandalkan indra kita, yaitu melihat dan merasakan,  misal kendaraan berpolusi itu motor 2 tak karena berasap, bus atau truk dengan asap mengepul hitam itu sudah bisa kita tebak melebihi standar emisi. Memang ada benarnya  kalau dilihat secara visual, bagaimana dengan cara penghitungan pengukuran? Berapakah emisi CO (Carbon monoxide)? Berapa Emisi HC (Hydrocarbon)? Berapa Emisi CO2 (Carbon dioxide)? Masuk kategori standar  euro yang mana? ini memerlukan suatu tools khusus. Euro atau European Emission Standards merupakan batas ideal emisi gas buang versi Eropa. Level terakhirnya kini Euro5.

Setiap empat atau lima tahun sekali, standar ini direvisi dengan ketentuan yang lebih ketat. Indonesia masih memberlakukan ketentuan standar Euro2 berdasarkan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 141/2003 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru yang efektif berlaku sejak 2007. selama ini kita dipaksa memakai Catalytic Converter untuk menekan emisi, tapi Kualitas Bahan Bakar tidak memadai, bagaimana mungkin mobil sudah memenuhi  Euro4, sementara kualitas bahan bakar minyak di Indonesia masih memenuhi spesifikasi Euro2. disamping itu pendukung utamanya selain bahan bakar juga ada  fasilitas uji emisi yang memadai. wah ceritanya kepanjangan ini, karena seringnya lihat mobil diesel atau truk tertulis euro 1 dan euro 2, ingin share dengan juragan yang pakar dan ahli masalah emisi.

Nah..itu tadi sekilas pengetahuan tentang apa itu ‘Euro’… Silahkan kalau ada yang mau nambahin atau ngurangin di comment aja. Semoga bermanfaat.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s